Selasa, 23 Juli 2019

ACARA PEMBUKAAN OLEH KKN 93 UTM DI DESA KLOMPANG BARAT, KEC. PAKONG, PAMEKASAN


Gambar 1. Pembukaan KKN 93 UTM di Desa Klompang Barat, Kec. Pakong

03/07/19 Pamekasan - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Mandiri merupakan suatu intrakulikuler bagi mahasiswa program sarjana yang dilaksanakan selama jangka waktu tertentu. KKN Tematik Mandiri sebagai salah satu bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat berupa penerapan IPTEK dan pemberdayaan masyarakat yang melibatkan berbagai disiplin ilmu. KKN Tematik Mandiri Universitas Trunojoyo Madura Semester Ganjil tahun ajaran 2018/2019 Kelompok 93 berjudul, "Pembentukan Rancangan Kebijakan Desa dan Pengembangan Produk Unggulan di Desa Klompang Barat, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan". Sebanyak 15 Mahasiswa dari beberapa program studi di UTM yang tergabung dalamKKNz kelompok 93 ini.

Acara pembukaan KKN 93 pada tanggal 03 juli 2019 pukul 19.30 WIB di balai desa Klompang Barat, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan yang dihadiri oleh beberapa perangkat desa seperti, Kepala Desa (Samsul Arifin) dan Kepala Urusan Keuangan (Farid Ma’ruf). Tujuan hadirnya perangkat desa dalam acara pembukaan adalah untuk memberikan masukan dan gambaran terkait desa Klompang Barat, Kecamatan Pakong sebelum mahasiswa kkn dari utm menjalankan program kegiatan yang sudah direncanakan untuk direalisasikan pada masyarakat desa Klompang Barat, Kecamatan Pakong.
Gambar 2. Sambutan Kordes KKN 93 UTM di Acara Pembukaan KKN
KKN Kelompok 93 disini ingin menyampaikan program kerja yang sudah direncanakan seperti pembahasan tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di klompang barat, dan pembentukan rencana untuk penyewaan lapangan futsal di klompang barat, mengajar atau les siswa/i di klompang barat, serta memberikan ide kreatif produk unggulan berbahan dasar kedelai yang nantinya diajukan ke koperasi setelah itu kami sosialisasikan InsyaAllah tanggal 13 juli, yang terakhir yaitu bersih desa disekitar makam”. Jelas Feri selaku Koordinator Desa di Acara Pembukaan.

Dengan adanya pembukaan KKN kelompok 93 di desa Klompang Barat, peserta KKN berharap dapat memberikan kontribusi berupa sosialisasi untuk Perangkat Desa, Ibu-ibu PKK, maupun remaja yang ada di desa tersebut agar dapat mengembangkan potensi SDM/SDA yang ada di desa Klompang Barat, Kecamatan Pakong.
Gambar 3. Sambutan Kepala Desa Klompang Barat, Kec. Pakong di Acara Pembukaan KKN

Kepala desa klompang barat menyampaikan tentang gambaran desa yang akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan kkn mahasiswa utm khususnya kkn kelompok 93, dengan berbagai potensi dan permasalahannya. Diharapkan juga para peserta kkn dapat menyesuaikan adat masyarakat setempat serta mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat dalam mengembangkan potensi SDM/SDA yang ada.

Jaga nama baik universitasmu. Bersainglah secara baik dengan mahasiswa kkn dari IAIN” tambah kepala desa, Samsul Arifin.
 
Gambar 4. Ceremony pembukaan
Gambar 5. Foto bersama peserta KKN dan undangan pembukaan KKN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar