Minggu, 28 Juli 2019

KKN 93 Melakukan Sosialisasi Penyewaan Lapangan Futsal



(22/07/19) pamekasan - Penyewaan lapang futsal merupakan salah satu program utama yang disarankan kepada Desa Klompang Barat dari KKN 93. Penyewaan lapangan futsal menjadi program utama dikarenakan di Desa Klompang Barat terdapat lapangan futsal yang baru dibangun dan belum dioperasikan. Oleh karena itu, perlu adanya sistem dalam penyewaan lapangan futsal supaya tatanan peraturan dalam penyewaaan lapangan futsal menjadi terstruktur.
          Penyewaan lapangan futsal berada dibawah naungan dari BPD (Badan Pemerintah Daerah) dan merupakan salah satu unit dari BUMDES (Badan Usaha Milik Desa). Penyewaan lapangan futsal ini dapat membantu perekonomian desa, dikarenakan dana yang diperoleh akan masuk ke BUMDES sehingga desa memiliki usaha sendiri selain dari pembuatan tempe dan keripik tempe.
          Kegiatan sosialisasi sistem penyewaan lapagan futsal tersebut berupa pembentukan struktur kepanitiaan penyewaan lapang futsal, syarat dan ketentuan menjadi pengurus penyewaan lapang futsal, harga sewa lapangan futsal dalam 1 jam, dan keperluan perlengkapan futsal. Dikarenakan renovasi dari lapangan futsal masih sekitar 85%, maka untuk kegiatan merenovasi lapangan futsal supaya menjadi menarik ditiadakan. Untuk struktur kepengurusan penyewaan lapangan futsal terdiri dari Ketua (Sie Pemuda, Olahraga dan Pendidikan); Sekretaris; Bendahara; Divisi Logistik; Divisi Infokom; dan Divisi PSDM. Dalam pembentukan struktur kepengurusan penyewaan lapangan perlu adanya syarat dan ketentuan yang harus diperhatiakn dalam memilih seseorang untuk menjadi pengurus penyewaan lapangan futsal. Hal ini diberikan supaya pengoperasiannya dari penyewaan lapangan futsal berjalan secara optimal dan tidak ada penyelewengan dalam kekuasaan.

Selain dari penyewakan lapangan futsal, ada juga penyewaan untuk perlengkapan futsal, misalnya penyewaan jersey, peluit, dan ban kapten. Penyewaan perlengkapan futsal ini dapat menambah dana untuk BUMDES, sehingga perekonomian desa dapat menjadi lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar