Rabu, 24 Juli 2019

KKN 93 UTM MENGIKUTI SOSIALISASI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MANAGEMEN KEUANGAN BUMDES DI BALAI DESA PEGANTENAN, PAMEKASAN


Gambar 1. Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan
[13/07/19] Pamekasan - Hukum merupakan peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat yang di kukuhkan oleh penguasa atau pemerintah. setiap warga negara tunduk pada hukum yang berlaku di negara bersangkutan dan tidak ada perbedaan kedudukan dalam hukum. adapun kegiatan yang akan dilakukan yang berkaitan dengan bidang hukum adalah pembentukan Badan Usaha Milik Desa atau biasa dikenal dengan BUMDES.

Desa Klompang Barat memiliki potensi menjadi desa yang mapan secara ekonomi, utamanya dilihat dari aspek pertanian, dimana sebagian besar warganya bercocok tanam. namun masih belum optimal pengelolaan pertanian dan hasil pertaniannya, sehingga memiliki hambatan-hambatan dalam pengelolaannya, seperti kurangnya dana, kurangnya pengetahuan dan dan pemasaran hasil pertanian yang masih lingkup desa.

Gambar 2. Pemateri Kegiatan Sosialisasi yang diisi oleh Dosen Universitas Trunojoyo Madura
Sosialisasi "Pelatihan dan Pendampingan Managemen dan Keuangan BUMDES" telah dilaksanakan di Balai Desa Pegantenan pada tanggal 13 Juli 2019 yang diikuti oleh peserta KKN UTM desa Pegantenan, Sentol dan Klompang Barat. Kegiatan ini dilakukan karea BUMDES nantinya yang akan menampung seluruh kegiatan ekonomi dan/atau pelayanan umum yang dikelola oleh Desa dan/atau kerjasama antar desa. Sasaran dari kegiatan ini yaitu Pemerintah Desa tempat KKN masing-masing.

Kegiatan ini dihadiri oleh Peserta KKN desa Pegantenan, Sentol dan Klompang Barat, Perangkat Desa tempat kelompok KKN masing-masing, Dosen Universitas Trunojoyo Madura diantaranya Bapak Firman Arif Pribadi Dosen dari Fakultas Hukum, Bapak Faidal dan Bapak M. Asyim Asy'ari Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Gambar 3. Sesi foto bersama peserta kegiatan sosialisasi di Balai Desa Pegantenan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar