Rabu, 24 Juli 2019

PAMERAN DARING/DISEMINASI ONLINE

KKN 93 UTM MELAKUKAN SIMULASI PEMBUATAN TEMPE DAN KRIPIK TEMPE

Gambar 1. Produk kedelai yang sudah menjadi tempe
[070719] Pamekasan – Kedelai adalah salah satu jenis polong-polongan yang banayak di temui di negara Indonesia, khususnya daerah jawa timur, terlebih lagi di daerah klompang barat, pakong, pamekasan yang hasil kedelainya sangat melimpah tetapi masyarakat hanya menjualnya secara mentahannya saja tanpa dijadikan olahan lainnya. Maka dari itu KKN 93 menawarkan pengolahan kedelai menjadi tempe agar bisa menjadi penghasilan tambahan untuk masyarakat di klompang barat.  Tempe sendiri merupakan makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai, sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”.

Sebelum melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai tempe dan produknya, KKN 93 melakukan simulasi pembuatan tempe terlebih dahulu. Kegiatan simulasi ini dilakukan di balai desa klompang barat, pakong pada hari minggu tanggal 07 juli 2019.

Dalam pembuatan tempe, beberapa hal yang perlu diperhatikan agar memperoleh tempe dengan hasil yang baik, yaitu:

  1. Kedelai harus dipilih yang baik (tidak busuk) dan tidak kotor.
  2. Air harus jernih, tidak berbau dan tidak mengandung kuman penyakit.
  3. Cara pengerjaannya harus bersih (jauh dari bumbu dapur terutama garam).
  4. Bibit tempe (ragi tempe) harus dipilih yang masih aktif (bila diremas membentuk butiran halus atau tidak menggumpal).
Peralatan yang dibutuhkan seperti nampan, baskom, panci, pengaduk kayu, kompor.

Kegiatan simulasi diikuti oleh peserta KKN kelompok 93. Simulasi dilakukan selama 4 hari, hari pertama perendaman tempe, hari kedua perebusan dilanjutkan membersihkan kulit ari pada kedelai, kemudian merendam kembali kedelai yang telah dibersihkan dari kulit arinya. Hari ketiga merebus kembali kedelai-kedelai yang telah direndam yang selanjutnya dikeringkan. Setelah kedelai kering, dilakukan peragian dan tempe siap dibungkus selanjutnya disimpan sampai kedelai menjadi tempe. Produk unggulan tempe maupuk kripik tempe akan dijual di pasar kecamatan pakong.

A. Pembuatan Produk Tempe
Bahan Baku: - tempe

Langkah-langkah pembuatan tempe:
1.  Cuci kedelai sampai bersih kemudian rendam selama kurang lebih semalam. kedelai akan mengembang
Gambar 2. Kedelai yang akan direndam selama 1 hari

 2. buang air dan ganti dengan air bersih kemudian masak sampai mendidih (kurang lebih 20-30 menit). buang ampas putih yang terkumpul.

 Gambar 3. Kedelai yang sudah direndam selama 1 hari

3. angkat dari perapian dan diamkan selama 15 menit sampai dingin untuk memudahkan pengelupasan kulit ari
4. Pisahkan kedelai dari kulit ari dengan cara diremas-remas menggunakan tangan supaya kulit terkelupas dan kedelai terbelah
 Gambar 4. Kedelai yang sudah dipisahkan dari kulit arinya dengan cara diremas

5. kedelai yang sudah tak berkulit dan terpecah direbus kembali untuk menghilangkan bau, kotoran dan bakteri yang mungkin masuk selama proses pemisahan kulit agar proses fermentasi berjalan dengan baik
 
Gambar 5. Kedelai yang sudah direbus
6. siapkan nampan/baki yang sudah dialasi kain bersih, kemudian taruh secara merata kedelai diatasnya. diamkan kira-kira 15 menitan
Gambar 6. Proses pengeringan kedelai
7. Kemudian tuang kedelai ke dalam baskom lalu beri 1 1/2 sendok teh ragi. peragian dilakukan dengan cara menaburkan ragi secara merata, kemudian diaduk-aduk hingga ragi benar-benar merata
8. Bungkus kedelai ke dalam plastik yang sudah dilubangi

Gambar 7. Proses pengemasan kedelai setelah proses peragian
9. simpan kedelai pada tempat yang hangat agar proses fermentasi berjalan efektif
Gambar 8. Kedelai yang sudah menjadi tempe

Harga jual: Rp. 2000-, 

Desain Produk



B. Pembuatan Produk Kripik Tempe

Bahan baku:
- Tepung terigu
- Tepung beras
- Tepung tapioka
- garam
- bawang putih
- perasa antaka bbq
- cabai
Langkah-langkah pembuatan kripik tempe: 
Masuk kedalam pengolahan tempe menjadi kripik tempe, iris tipis-tipis tempe yang telah jadi tersebut secara rapi. siapkan adonan tepung terigu dan tepung beras yang telah dicampur rata dengan ditambahkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, cabai (untuk kripik rasa pedas), perasa antaka BBQ, garam.


 Gambar 9. Proses pengirisan tempe yang akan dijadikan kripik tempe


 Gambar 10. Tempe yang sudah diiris tipis


Gambar 11. Pembuatan adonan kripik tempe


Gambar 12. Adonan kripik tempe rasa pedas

Siapkan wajan diatas kompor yang telah diisi minyak goreng penuh. Celupkan irisan tempe pada adonan tepung terigu kemudian masukkan dalam penggoreng, waktunya tidak perlu terlalu lama, tempe dipanasi hingga benar-benar matang. Pastikan kripik tempe sudah matang dan tidak terlalu gosong agar rasanya enak dan penampilannya bagus. angkat dari penggorengan kemudian tiriskan dan dinginkan.


Harga jual: Rp. 8000-, 

Desain Produk



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar