Minggu, 28 Juli 2019

MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN SISTEM TATA SURYA KELOMPOK KKN 93 UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA DS.KLOMPANG BARAT, KEC.PAKONG, KAB. PAMEKASAN

(19/07/19) Pamekasan - Dalam dunia Pendidikan media pembelajaran mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran sendiri memiliki tujuan agar proses belajar mengajar lebih efekif dan mudah diterapkan. Makadari itu Kelompok KKN 93 membuat media belajar untuk murid MI Riyadatul Mubtadiin berupa Tata Surya. 

1.      GAMBAR KOMPONEN MEDIA PEMBELAJARAN


2.      DESKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN
Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk 8 buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips,5 planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) dan lainnya.

A.    MATAHARI
Benda langit berupa bola gas ang tersusun oleh gas hidrogrn an helium. Matahari memiliki gravitasi yang cukup kuat mengikat sehingga tak tersebar. Kekuatan gravitasi matahari juga dapat menekan pusat nuklir sehingga tidak terjadi ledakan.
B.     PLANET
Benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan tertentu dan bergaris tengah lebih besar dari 4.000 juta km. planet memantulkan cahaya yang diterima matahari. Terdiri dari
-          Merkurius
Merkurius merupakan planet yang paling dekat jaraknya dengan matahari, pada siang haru suhunya mencapai 400 derajat Celsius dan malam hari mencapai 180 derajat Celsius.
-          Venus
Venus adalah planet kedua yang paling dekat dengan matahari, terletak di antara orbit merkurius dan orbit bumi. Venus biasanya tampak bercahaya terang. Kadang-kadang terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit sehingga dinamakan bintang fajar atau bintang kejora.
-          Bumi
Bumi adalah planet ketiga dari matahari. bumi merupakan satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup.
-          Mars
Planet mars disebut juga planet merah. Disebut demikian karena jika dilihat langsung dengan mata atau dengan teropong tampak berwarna kemerah-merahan.
-          Yupiter
Yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. Menurut orang Yunani kuno, Yupiter adala raja langit.
-          Saturnus
Saturnus termasuk planet yang besar dan merupakan terindah untuk dipandang. Keindahan tersebut karena adanya cincin yang melingkarinya yang terdiri dari bongkahan es atau batu kerikil yang dilapisi es. Planet ini tampak berwarna kekuning-kuningan.
-          Uranus  
Uranus adalah planet yang pertama ditemukan dengan bantuan teleskop. Planet ini tampak berwarna hijau kebiru-biruan.
-          Neptunus
Neptunus adalah planet yang berwarna kehijau-hijauan, sering disebut sebagai kembaran planet Uranus.
3.      KEGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran mengenai pengenalan sistem tata surya ini berguna untuk proses belajar mengajar pada materi tata surya untuk Sekolah MI Riyadatul Mubtadiin.
 
4.      HASIL MEDIA PEMBELAJARAN KELOMPOK KKN 93
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar