Rabu, 24 Juli 2019

SOSIALISASI KOPERASI DAN PRODUK UNGGULAN KKN 93 UTM DI DESA KLOMPANG BARAT, KECAMATAN PAKONG, PAMEKASAN


Gambar 1. Acara Sosialisasi di Balai Desa Klompang Barat, Pakong

[17/07/19] Pamekasan – Sosialisasi pembentukan koperasi diadakan di balai desa klompang barat, pakong, Rabu (17/07/19). Acara dihadiri sekitar 25 peserta, diantaranya Ibu-ibu PKK, para remaja dan ibu rumah tangga. Kegiatan sosialisasi Koperasi dipandu oleh peserta KKN 93, Shofi dan Yuni, sedangkan Sosialisasi tempe dipandu oleh Fitri dan Indah.


Gambar 2. Pemandu Sosialisasi Koperasi dan Produk Unggulan
 
Sosialisasi pembentukan koperasi merupakan salah satu tahapan untuk mendirikan koperasi berbadan hukum. Tujuan sosialisasi agar calon anggota koperasi mengetahui tentang koperasi, ADRT koperasi dan bagaimana ikut dalam koperasi.

Setelah sosialisasi tentang koperasi selesai, dilanjut sosialisasi mengenai produk unggulan. Produk unggulan yang dimaksud yaitu pembuatan keripik tempe dimana sebelumnya sudah dilakukan simulasi pembuatan tempe oleh peserta KKN 93. Selaku pemateri, Fitri menyampaikan tahap-tahap pembuatan tempe dan juga tahap pembuatan keripik tempe.


Gambar 3. Sosialisasi pembuatan tempe yang dipandu oleh saudari Fitri
 
perlu diperhatikan dalam pembuatan tempe, kedelai yang akan digunakan harus terbebas dari bumbu dapur, khususnya garam. hal ini dimaksudkan agar jamur pada ragi bisa tumbuh dengan baik. pemilihan kedelai juga perlu dilakukan agar mendapat tempe dengan kualitas baik”, ungkap Fitri.

Gambar 4. Sosialisasi Pembuatan Kripik Tempe



Pesertapun sangat antusias mengikuti jalannya acara tersebut, dapat dilihat sesi diskusi, beberapa peserta sosialisasi aktif mengutarakan pertanyaan kepada pemateri. Sesekali menyampaikan pendapat, usulan serta harapan kepada pemateri semoga program-program yang telah disosialisasikan dapat terealisasi dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui koperasi dan produk unggulan.

Gambar 5. Pembagian hasil kripik tempe yang telah dibuat pada peserta sosialisasi



Gambar 6. Sesi foto bersama peserta sosialisasi koperasi dan produk unggulan
 
Berikut Desain Produk Unggulan Kedelai: Tempe dan Kripik Tempe
 
 
Kripik tempe yang dibuat diberi nama "Kripik Tempe Emak-emak KB", diberi nama demikian karena kripik produk yang dihasilkan dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga desa klompang barat, pakong. nama "KB" sendiri berasal dari nama desa Klompang Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar