INFRASTRUKTUR



INFRASTRUKTUR




(Pembangunan Jalan) Kondisi jalan yang ada di desa Klompang Barat ini termasuk belum layak karena masih banyak jalan yang belum diaspal atau masih berbatu sehingga apabila ingin pergi ke dusun-dusun yang ada di desa Klompang Barat ini sedikit sulit dan tidak mudah. Jalan yang belum diaspal dan masih berbatu ini akan bertambah sulit dan licin apabila sudah mulai musim penghujan. Kondisi jalan yang licin dan berlumpur inilah yang membuat pengendara bisa terpleset saat berkendara.



 


(Poskesdes) Layanan seperti Poskesdes di desa Klompang Barat ini sudah ada, hal ini seperti yang diharapkan oleh masyarakat karena layanan poskesdes ini selalu buka. Menurut pak Kepala Desa layanan Poskesdes di desa Klompang Barat ini memang sedikit terbengkalai dari tahap pembangunan bulan Oktober 2015 dan selesai tahap renovasi akhir bulan 2016. Poskesdes ini memiliki 1 tenaga medis yaitu satu bidan yang bernama Jannatul Hasanah. Fasilitas yang tersedia, antara lain partus packemergency pack, oksigen, inkubator, tempat reslitasi, tempat tidur pasien, tempat injak pasien, lemari obat, tempat sampah, sterilisator, ruang BP dan ruang bersalin. Data penyakit dari pasien masuk yakni sakit batuk pilek, pilek panas, panas, darah tinggi, pegal linu, sakit mata dan cek kandungan.




(Masjid) Terdapat beberapa masjid di tiap dusun yang berada di desa Klompang Barat ini antara lain yang berada di dusun Sumber Batas terdapat satu masjid bernama Ash-Salafiah yang dibangun pada tahun 1898 atau pada tanggal Senin syura bulan Jumadil Akhir 1927 M. Pendiri dari masjid ini H.Abdul Ghani sekaligus penyumbang dana atas masjid sedangkan untuk tanah tempat masjid berdiri kokoh adalah tanah milik H. Omar. Masjid Ash-Salafiah termasuk masjid yang ramai se-Klompang Barat karena sering digunakan kegiatan tadarus Al-Qur’an sehabis sholat sholat 5 waktu, mengaji dan adat tahlilan sehabis sholat magrib setiap malam jum’at. Jarak antara rumah warga dengan masjid ini masih bisa dijangkau dan tidak terlalu jauh. 




(Pasar) Di desa Klompang Barat belum terdapat pasar yang bisa memudahkan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan pokok. Masyarakat yang ada di desa ini harus keluar desa untuk berbelanja di pasar kecamatan sehingga kondisi ini yang menyebabkan masyarakat menjadi sedikit kesulitan apabila mau membeli bahanbahan pokok yang ada di pasar. Jarak antara desa Klompang Barat dengan pasar kecamatan Pakong setidaknya bisa ditempuh dengan waktu lima belas menit apabila menggunakan sepeda motor.



BANGUNAN SEKOLAH


Fasilitas bangunan sekolah yang terdapat di desa Gadding diantaranya SDN Klompang Barat 1, SDN Klompang Barat 2, dan LPI Riyadatul Mubtadiin. Di SDN Klompang Barat 1 ini sudah memenuhi kelayakan dari segi bangunan dan fasilitas lainnya. Akses ke sekolah juga mudah dan bisa ditempuh jalan kaki karena berdekatan dengan rumah warga. Posisi SDN Klompang Barat 1 berada di dusun Nangger yang mudah untuk dijangkau. Sedangkan SDN Klompang Barat 2 ini berada di dusun Sumber Batas yang juga mudah untuk diakses sekaligus menjadi dusun yang tak kalah padat dibandingkan dusun lainnya yang ada di desa Klompang Barat. Selanjutnya yaitu Lembaga Pendidikan Islam Riyadatul Mubtadiin yang berada di dusun Sumber Batas menjadi salah satu pilihan untuk para orangtua yang ingin meyekolahkan anaknya di sekolah madrasah. Di sekolah ini terdapat beberapa jenjang pendidikan antara lain PAUD, TK, MI, TPA dan MD ULA. Dari segi bangunan sekolah, sekolah ini sudah cukup layak dan di sekolah itu juga mengadakan sekolah madrasah yang biasanya dilaksanakan pada sore hari setelah siswa pulang sekolah formal. Untuk jenjang pendidikan seperti SMP/Mts dan SMA/MA di desa Klompang Barat belum ada. Sehingga apabila mau melanjutkan ke SMP/Mts dan SMA/ MA harus bersekolah ke desa lain.


BALAI DESA


Di desa Klompang Barat memiliki balai desa yang terletak di dusun Sumber Batas yang tidak jauh dari rumah pak klebun. Namun, balai desa ini belum difungsikan karena tahap pembangunan selesai awal tahun 2017. Seluruh arsip dan dokumen penting yang menyangkut masalah desa berada di rumah pak klebun. Balai desa hanya difungsikan apabila mau ada pemilihan kepala desa ataupun saat ada musyawarah besar yang mengundang berbagai pihak yang terkait. Apabila ada kepentingan yang bersifat mendesak, para warga biasanya langsung menuju ke rumah pak klebun untuk di musyawarahkan. Kondisi bangunan Balai desa yang masih baru mendorong perubahan politik yang akan lebih baik dan demokratis kedepannya bagi desa Klompang Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar