MATA PENCAHARIAN

Pekerjaan Mayoritas Desa

Masyarakat desa Klompang Barat umumnya berprofesi sebagai petani, karena di desa Klompang Barat banyak hamparan sawah yang dapat dimanfaatkan oleh warga sebagai mata pencaharian diantaranya, padi, tembakau dan jagung. Alat yang digunakan untuk membajak sawah bukan lagi menggunakan sapi (binatang ternak), sebagian besar masyarakat menggunakan traktor dengan alasan efisiensi waktu. Lahan yang digunakan untuk bercocok tanam ada yang milik sendiri, ada juga yang sewa kepada orang lain. Hasil pertanian yang dihasilkan warga kebanyakan dimakan sendiri dan bisa dijual disekitar warga desa Klompang Barat.

Industri Desa
Di lingkup kecamatan Pakong, desa Klompang Barat merupakan desa yang memiliki lahan kosong yang lebih luas dari lahan pemukiman penduduk. Hal ini merupakan faktor yang bisa mendukung adanya industri desa yang bisa menguntungkan dan menambah pendapatan desa. Namun pada kenyataannya hal itu menemui beberapa kendala seperti halnya Sumber Daya Manusia yang kurang untuk mengelola tanah dengan lahan yang luas itu. Faktor Sumber Daya Manusia merupakan hal yang sangat penting bagi salah satu komponen pembangun desa. Apabila Sumber Daya Manusia kurang maka sebagian besar hasil Sumber Daya Alam akan kurang termanfaatkan dengan baik. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh teman-teman kkn bahwa masyarakat di desa Klompang Barat sebagian besar cenderung masih berpegang teguh pada budaya-budaya tradisional. Mereka hanya sebatas mengolah dan memasarkanhasil bumi secara sendiri-sendiri meskipun di desa Klompang Barat sudah ada kumpulan kelompok tani. Faktor lainnya yang belum mendukung keberadaan industri desa di desa Klompang Barat ini yaitu akses atau jalan yang masih belum layak. Akses ke beberapa dusun juga sulit dijangkau. Sehingga hal ini menyebabkan investor diluar desa Klompang Barat ataupun masyarakat desa Klompang Barat yang berkeinginan mendirikan industri di desa masih berpikir dua kali.


UKM (Usaha Kecil Menengah)

Kondisi sosial yang ada di masyarakat desa Klompang Barat ini bersifat dinamis, artinya apa bahwa masyarakat di desa Klompang Barat ini sangat terbuka dengan hal yang baru dan dianggap bisa membantu menambah pundi-pundi pendapatan mereka. Seperti halnya yang ada salah satu dusun di desa Klompang Barat yaitu dusun Sumber Batas. Di dusun Sumber Batas sebagaian warganya mempunyai lahan yang ditanami jagung. Awalnya jagung yang telah mereka tanam ini diolah dengan cara di jual setengan jadi.  Pengolahan setengah jadi yaitu mereka hanya mengolah jagung hanya sampai penyelipan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar