PENDIDIKAN

Fasilitas Pendidikan di Desa Klompang Barat diantaranya :


SDN Klompang Barat 1
Di SDN Klompang Barat 1 ini sudah memenuhi kelayakan dari segi bangunan dan fasilitas lainnya. Akses ke sekolah juga mudah dan bisa ditempuh jalan kaki karena berdekatan dengan rumah warga. Posisi SDN Klompang Barat 1 berada di dusun Nangger yang mudah untuk dijangkau.





SDN Klompang Barat 2
Sedangkan SDN Klompang Barat 2 ini berada di dusun Sumber Batas yang juga mudah untuk diakses sekaligus menjadi dusun yang tak kalah padat dibandingkan dusun lainnya yang ada di desa Klompang Barat.









LPI Riyadatul Mubtadiin
Selanjutnya yaitu Lembaga Pendidikan Islam Riyadatul Mubtadiin yang berada di dusun Sumber Batas menjadi salah satu pilihan untuk para orangtua yang ingin meyekolahkan anaknya di sekolah madrasah. Di sekolah ini terdapat beberapa jenjang pendidikan antara lain PAUD, TK, MI, TPA dan MD ULA. Dari segi bangunan sekolah, sekolah ini sudah cukup layak dan di sekolah itu juga mengadakan sekolah madrasah yang biasanya dilaksanakan pada sore hari setelah siswa pulang sekolah formal.



di Desa Klompang Barat memiliki Lembaga Pendidikan PAUD yaitu diantaranya :


PAUD AL-MADANI












PAUD BAITURRAHMAH











Untuk jenjang pendidikan seperti SMP/Mts dan SMA/MA di desa Klompang Barat belum ada. Sehingga apabila mau melanjutkan ke SMP/Mts dan SMA/ MA harus bersekolah ke desa lain.


TINGKAT PENDIDIKAN PENDUDUK DESA KLOMPANG BARAT


Dari diagram diatas menunjukkan bahwa tingkat pendidikan di desa Klompang Barat yang berada pada tingkatan SD/MI sebagai jumlah terbesar yaitu 2.079 orang, kemudian dilanjutkan dengan tingkatan SMP/MTS yaitu sebesar 311 orang, selanjutnya pada tingkatan SMA/MA yaitu sebesar 212 orang, Akademi yaitu sebesar 123 orang dan yang paling sedikit pada tingkatan Sarjana 76 orang.

Kesimpulan dari hasil tersebut menunjukkan bahwa sebagaian besar penduduk di desa Klompang hanya mampu menyelesaikan sekolah dijenjang pendidikan wajib belajar sembilan tahun (SD dan SMP), dalam hal ini kesediaan sumber daya manusia (SDM ) pada tingkat pendidikan yang rendah.

Rendahnya kualitas tingkat pendidikan di Desa Klompang barat, tidak terlepas dari terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan yang ada, disamping tentu masalah ekonomi dan pandangan hidup masyarakat. Sarana pendidikan di desa klompang barat baru tersedia ditingkat pendidikan dasar 9 tahun (SD dan SMP), sementara untuk pendidikan tingkat menengah keatas berada ditempat lain yang relatif jauh. Sebenarnya ada solusi yang bisa menjadi alternatif bagi persoalan rendahnya sumber daya (SDM) di desa Klompang barat yaitu melalui pelatihan dan kursus. Namun sarana atau lembaga ini ternyata juga belum tersedia dengan baik didesa Klompang barat. Bahkan beberapa lembaga bimbingan belajar dan pelatihan yang pernah ada tidak berkembang.























Tidak ada komentar:

Posting Komentar